JURNAL MANAJEMEN PROYEK
“Sistem Gudang On-Line”
Disusun Oleh:
Nama : Andinni Nur Yasmin
Kelas : 3KB08
NPM : 2C114712
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN
TEKNOLOGI INFORMASI
SISTEM KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji
syukur ke hadirat Allah SWT, karena rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat
menyelesaikan proposal penelitian ini yang berjudul: “SISTEM GUDANG ON-LINE”.Penulisan
proposal jurnal ini merupakan salah satu syarat untuk memenuhi mata kuliah
seminar proposal di Program Studi Sistem Komputer FIKTI Universitas Gunadarma
Kalimalang.
Dalam
penulisan proposal penelitian ini, penulis dengan senang hati ingin mengucapkan
terima kasih kepada:
1.
Bapak Ega Elman Miska., selaku Dosen
Mata Kuliah Manajemen Proyek &
Resiko.
2.
Kedua Orang Tua
3.
Teman Mahasiswa seperjuangan
Menyadari
keterbatasan waktu dan kemampuan dalam penulisan, proposal penelitian ini masih
jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala kritik dan saran yang membangun
akan diterima dengan senang hati. Mudah-mudahan Allah SWT akan
membalas semua kebaikan kepada semua pihak yang membantu. Akhir kata, semoga
proposal penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Kalimalang,
Oktober 2016
Penulis
Andinni
Nur Yasmin
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ..................................................................................
DAFTAR
ISI .................................................................................................
DAFTAR
TABEL .........................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang ...................................................................................
1.2
Permasalahan ......................................................................................
1.3
Tujuan .................................................................................................
1.4
Ruang
lingkup ....................................................................................
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Tinjauan
Pustaka .................................................................................
2.1.1Database ......................................................................................
2.1.1.1
Keuntungan menggunakan database ..............................
2.1.1.2
Jenis-jenis
database .........................................................
BAB
III METODOLOGI PENELITIAN
3.1
Metodologi
Penelitian ........................................................................
3.2
Tahap
Penelitian .................................................................................
3.2.1
Stusi
Kelayakan ..........................................................................
3.2.2
Desain Fungsi .............................................................................
3.2.3
Pemrograman ..............................................................................
3.2.4
Pengujian ....................................................................................
3.2.5
Pelatihan .....................................................................................
3.2.6
Pemeliharaan ...............................................................................
3.2.7
Dokumentasi ...............................................................................
BAB
IV TATA LAKSANA PENELITIAN
4.1
Waktu dan Tempat
Pelaksanaan .........................................................
4.2
Jadwal Penelitian ..................................................................................
4.3
Anggaran
Biaya ....................................................................................
4.4
Alat dan
Bahan ....................................................................................
4.4.1
Alat ......................................................................................................
4.4.2
Bahan ...................................................................................................
BAB
V PENUTUP
1.
Kesimpulan
...........................................................................................
2.
Saran
.....................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA ...................................................................................
DAFTAR
TABEL
Tabel
4.1 Jadwal
Penelitian .............................................................................
Tabel
4.2 Anggaran Biaya ...............................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
PT.
Rahayu Scaffoldings merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam
persewaan peralatan tangga-tangga besi (scaffolding) untuk mendukung
pembangunan, perbaikan maupun renovasi rumah-rumah dan gedung-gedung.
Setidaknya ada 18 jenis item barang yang direntalkan oleh PT.
Rahayu Scaffoldings, seperti pipe support (TS-70, TS-90),main
frame (t-190, t-170), stair, cat walk, jack base (t-60,
t-40), U-Head (t-60, t-40),cross brace (p-200, p-193), join
pin, leader frame (90, 60), swimple clamp, horry
beamdan pipe 6 meter. Mengingat banyaknya item yang harus dikelola
oleh bagian gudang (inventory), berkaitan dengan keluar-masuknya barang akibat
transaksi peminjaman, pengembalian, penambahan item baru, pengurangan barang
akibat rusak maupun hilang, maka perlu kiranya dibuat sistem kontrol barang
“on-line” sehingga kondisi terbaru (terakhir) mulai dari jumlah barang tersisa,
jumlah barang tersewa, jumlah barang rusak maupun tambahan barang baru
bisa diketahui secara cepat dan akurat.
1.2 Permasalahan
PT.
Rahayu Scaffolding sebenarnya telah memiliki sistem inventory yang
belum on-line. Namun seiring dengan perkembangan bisnisnya yang kian maju,
menyebabkan volume transaksi bisnisnya kian meningkat, sehingga pihak pemilik
(owner) memandang perlu untuk mengubah sistem inventory yang ada
menjadi sistem yang bersifat “on-line” dengan kemampuan sebagai berikut :
·
Mendapatkan laporan (report) yang
dikehendaki secara on-line
·
Menampilkan inventaris barang-barang
secara on-line
·
Menampilkan deskripsi barang-barang
secara on-line
·
File
maintenance secara on-line.
1.3 Tujuan
Proyek
perangkat lunak “Sistem Gudang On-Line” ini dimaksudkan :
·
Menghasilkan perangkat lunak untuk
aplikasi Sistem Gudang On-Line yang memiliki fitur-fitur standar seperti
menambah barang, menghapus barang, menampilkan inventarisasi barang dan
pembuatan laporan dan sebagainya.
·
Memudahkan pekerjaan administrator
gudang, karena bisa mendapatkan informasi barang secara cepat dan akurat..
·
Memudahkan
pekerjaan up-date barang, karena ada penambahan barang baru dan
pengurangan barang akibat rusak maupun hilang.
1.4 Ruang
Lingkup
Mengingat kendala berbagai macam media
penyimpanan (storage), kinerja (performance) dan waktu responnya (time
response), master file barang yang sudah ada tidak akan digunakan
dalam sistem on-line yang baru. Namun sistem lama tersebut
masih dipakai dalam batch system. Sebagai gantinya, beberapa
bagian file tersebut disimpan dalam File Pilihan Barang.
Barang-barang yang terdapat dalam file ini akan dipilih
dari master file barang dan biasanya sering diakses.
Dalam sistem
gudang on-line yang akan dibuat, pengguna dapat mengetahui informasi
barang yang ada seperti persediaan barang tertentu, jumlah barang dipesan,
tanggal dipesan dsb. Juga tersedia fasilitas untuk menambahkan barang baru
maupun menghapus barang yang sudah tidak dikehendaki ke File Pilihan Barang.
Kedua operasi terakhir dilakukan melalui Tabel Pilihan Barang yang
menghubungkan item-item yang ada di File Pilihan Barang ke master dan
mengontrol suatu perhitungan record terakhir. Suatu Laporan
Inventory Barang bisa disajikan dalam sistem gudang on-line ini. Laporan
ini bisa diminta melalui terminal operator. Laporan ini minimal terdiri
dari header dan rincian yang. memuat daftar barang persediaan dan
yang dipesan. Laporan Kontrol Pilihan juga bisa diberikan untuk membuat daftar
semua perubahan pada File Pilihan Barang akibat transaksi bisnis yang terjadi.
Laporan ini terdiri dari bagian rincian dan ringkasan. Bagian rincian berisi
penambahan barang, penghapusan barang dan jumlah permintaan yang salah.
Sedangkan bagian ringkasan berisi rekapitulasi jumlah barang yang ditambahkan
maupun dihapus, laporan ukuran dan status terakhirnya.
Bab II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Tinjauan
Pustaka
2.1.1 Database
Database
merupakan bagian terpenting dari dari sebuah program tanpa database mana
mungkin bisa membangun sebuah program yang dinamis. Dinamis disini kita bisa
membuat atau mengisi field yang akan menampung semua data yang akan kita
simpan. Dalam database itu sendiri kita bisa create, read, update dan delete
atau biasa disebut CRUD. Saya sendiri membuat database itu di MySql yang telah
terbundel dalam xampp, untuk teman - teman yang baru belajar database mungkin
agak pusing ketika harus disuruh membuat database kali ini saya akan memberikan
gambaran database dari penjualan online (web), penjualan tunai (desktop
aplikasi) dan absensi (desktop aplikasi).
2.1.1.1
Keuntungan menggunakan database
1. Sebagai
komponen utama atau penting dalam system informasi, karena
merupakan dasar dalam menyediakan
informasi
2. Menentukan
kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga
infromasi yang disajikan tidak basi.
Informasi dapat dikatakan bernilai
bila
manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
3. Mengatasi
kerangkapan data (redundancy data)
4. Menghindari
terjadinya inkonsistensi data
5. Mengatasi
kesulitan dalam mengakses data
6. Menyusun
format yang standar dari sebuah data.
7. Penggunaan
oleh banyak pemakai (multiple user). Sebuah database bisa
dimanfaatkan
sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser).
8. Melakukan
perlindungan dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa
diakses
atau dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas dengan memberikan login dan
password terhadap masing-masing data.
9. Agar
pemakai mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari
data.
Hal ini bertujuan menyederhanakan interaksi antara pengguna dengan sistemnya
dan database dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para
pengguna, programmer dan administratornya.
2.1.1.2
Jenis-jenis database
a.
MySQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak
sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system)
atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di
seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis
dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual
dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok
dengan penggunaan GPL.Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana
perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode
sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori
oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta
hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia
yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael
"Monty" Widenius.
Relational
Database Management System (RDBMS)
MySQL adalah Relational Database
Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi
GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan
MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial.
MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak
lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep
pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan
data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara
otomatis. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara
kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat
oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL
dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query
data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan
query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih
cepat dibandingkan Interbase.
b. Microsoft SQL Server
Microsoft SQL Server adalah sebuah
sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa kueri
utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar
ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan
di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah,
tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data
besar. Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan
dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream). Selain dari itu,
Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity), dan
mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Fitur yang lain dari SQL
Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan
clustering. Pada versi sebelumnya, MS SQL Server 2000 terserang oleh cacing
komputer SQL Slammer yang mengakibatkan kelambatan akses Internet pada tanggal
25 Januari 2003.
c.
DBASE
dBASE adalah sebuah sistem manajemen
basisdata (DBMS) yang secara luas digunakan pada mikrokomputer yang dikenalkan
oleh Ashton-Tate untuk komputer CP/M, dan kemudian untuk platform Apple II,
Apple Macintosh dan IBM PC dengan DOS yang menjadi salah satu perangkat lunak
yang paling laris selama beberapa tahun pada saat itu. Ketidakmampuan dBASE
untuk bertransisi dengan sistem operasi yang lebih baru, Microsoft Windows pada
akhirnya membuat penggunaan dBASE tergantikan oleh produk-produk lainnya yang
lebih baru seperti Paradox, Clipper, FoxPro, dan Microsoft Access. kepemilikan
dBASE pada akhirnya dijual ke Borland pada tahun 1991 dan pada tahun 1999
Borland menjual hak atas jajaran produk dBASE pada sebuah perusahaan baru dBASE
Inc. Dimulai dari pertengahan tahun 1980-an banyak vendor membuat dialek
ataupun variasi pada produk mereka ataupun pada bahasanya sendiri. Termasuk
didalamnya FoxPro (sekarang dikenal sebagai Visual FoxPro), Quicksilver,
Clipper, Xbase++, Flagship, dan Harbour. Mereka-meraka iniah yang secara
informal dikenal atau disebut sebagai xBase atau XBase. Dasar file format
dBASE, yang dikenal sebagai file .dbf, saat ini merupakan salah satu format
yang luas digunakan oleh banyak aplikasi yang membutuhkan format sederhana
untuk menyimpan data-data secara terstruktur. dBASE dilinsensikan pada
penggunanya untuk jangka waktu lima puluh tahun dalam masa yang tidak mungkin
bagi pengguna untuk mengoperasikan dBASE selama jangka waktu tersebut.
d.
Clipper
Clipper adalah bahasa pemrograman
komputer keluarga XBase yang digunakan untuk membuat program komputer utamanya
yang berjalan pada sistem operasi DOS. Secara lebih spesifik, clipper umumnya
digunakan untuk membuat program-program yang terkait dengan database/bisnis
(contoh. akuntansi, manajemen simpan/pinjam, dan lain-lain). Sejarah Clipper
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985 oleh Nantucket, yang kemudian dijual
kepada Computer Assosiates, sebagai kompiler untuk dBASE III yang sangat
populer pada masa itu. kompilasi kode-kode dBASE berarti mengubahnya dari kode
interpretasi (kode sumber yang bisa dibaca oleh manusia), yang harus di
interpretasikan oleh komputer setiap kali setiap baris dijalankan, menjadi
P-code (atau pseudo-code), yang menggunakan Mesin Virtual untuk memproses
p-code yang telah dikompilasi tersebut. Meskipun P-code tidak lebih cepat
daripada kode mesin yang dihasilkan oleh kompiler bahasa lain (C++), namun
secara keseluruhan P-code masih jauh lebih cepat dibandingkan interpreter.
e.
Firebird
Firebird (juga disebut FirebirdSQL)
adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang
terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di
Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird di diarahkan dan
di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation. Ia merupakan turunan dari Interbase
versi open source milik Borland.
Modul-modul kode baru ditambahkan pada
Firebird dan berlisensi di bawah Initial Developer's Public License (IDPL),
sementara modul-modul aslinya dirilis oleh Inprise berlisensi di bawah
InterBase Public License 1.0. Kedua lisensi tersebut merupakan versi modifikasi
dari Mozilla Public License 1.1.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Metodologi
Penelitian
Metodologi
merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini
adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek perangkat lunak “Sistem
Gudang On-Line” pada PT. Rahayu Scaffoldings
3.2 Tahap
Penelitian
3.2.1 Studi
Kelayakan (feasibility study)
Mempelajari
proses bisnis yang berlangsung di PT. Rahayu Scaffoldings,
mengidentifikasi fungsi-fungsi bisnis yang diperlukan sehingga bisa
disimpulkan kebutuhan aplikasi perangkat lunak secara pasti.
3.2.2 Desain
Fungsi (Design Function)
Melakukan
desain sistem secara detail, mulai dari Context
Diagram, Data Flow Diagram (DFD), desain file, desain
tabel, relasi tabel dsb sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan
fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3.2.3
Pemrograman (Programming)
Melakukan coding untuk
merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Jumlah bariscoding ini
turut menentukan besar-kecilnya harga perangkat lunak yang dibuat.
3.2.4
Pengujian (Testing)
Dilakukan
untuk mengetahui apakah pekerjaan pemrograman telah dilakukan secara benar
sehingga bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang dikehendaki. Pengujian juga
dimaksudkan untuk mengetahui keterbatasan dan kelemahan program aplikasi yang
dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan.
3.2.5
Pelatihan (Training)
Sebelum
diserahterimakan ke user, pihak developer proyek perangkat lunak
bertanggung jawab melatih user atau operator PT. Rahayu Scaffoldings
yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak
pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka
sehingga tidak menyulitkan para pengguna di kemudian hari.
3.2.6
Pemeliharan (Maintenance)
Proyek
perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi
masih berlanjut hingga tenggat waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk
perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan
tidak ada kendala yang berarti.
3.2.7
Dokumentasi (Dokumentation)
Dalam
sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk
melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi
untuk troubleshooting bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional
dsb.
BAB IV
TATA LAKSANA PENELITIAN
4.1. Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
Waktu
Penelitian :
Januari 2016 – Maret 2016
Tempat
Penelitian : PT.
Rahayu Scaffoldings
Alamat :
Jl. Karadenan – Bogor
4.2
Jadwal Penelitian
Penelitian
dilakukan selama 3 (tiga) bulan, yaitu dari bulan Agustus 2013 hinggga Oktober
2013 dengan rincian pada tabel 4.1.
Tabel 4.1 Jadwal Penelitian
No
|
Kegiatan
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Studi Kelayakan
|
||||||||||||
2
|
Desain Fungsi
|
||||||||||||
3
|
Pemrograman
|
||||||||||||
4
|
Pengujian
|
||||||||||||
5
|
Pelatihan
|
||||||||||||
6
|
Pemeliharaan
|
||||||||||||
7
|
Dokumentasi
|
Catatan :
Pada setiap awal
kegiatan, jadwal yang lebih rinci akan didiskusikan di antara para anggota tim.
Pada setiap akhir
kegiatan, laporan kemajuan akan disiapkan oleh pimpinan tim untuk memberikan
gambaran tentang status proyek kepada pihak-pihak yang berkepentingan
4.3 Anggaran
Biaya
Tabel 4.2 Anggaran
Biaya
No.
|
Rincian Biaya
|
Jumlah (Rp)
|
|
1
|
Studi Kelayakan
|
Rp 125.000.000,-
|
|
2
|
Desain Fungsi
|
Rp 200.000.000,-
|
|
3
|
Pemrograman
|
Rp 500.000.000,-
|
|
4
|
Pengujian
|
Rp 100.000.000,-
|
|
5
|
Pelatihan
|
Rp 150.000.000,-
|
|
6
|
Pemeliharaan
|
Rp 290.000.000,-
|
|
7
|
Dokumentasi
|
Rp 300.000.000,-
|
4.4. Alat
dan Bahan
4.4.1.
Alat
Adapun
alat yang digunakan yaitu berupa perangkat keras dan perangkat lunak dengan
rincian sebagai berikut:
1.Perangkat
Keras
Satu
unit Personal Computer (PC) dengan sistem operasi Windows XP
Professional SP2 dan spesifikasi Hardware sebagai berikut:
a.
Intel Pentium 4 CPU 2.40 GHz
b.
RAM 1.49 GB
c.
Hardisk 80 GB
2.
Perangkat Lunak
Adapun
perangkat lunak yang digunakan selama pembuatan steganografi mp3 ini yaitu
sebagai berikut:
a. SQL
4.4.2. Bahan
Bahan
yang digunakan selama pembuatan steganografi mp3 ini adalah:
1.
Buku panduan penulisan karya ilmiah
2.
Materi mengenai Database
3.
Koneksi Internet
DAFTAR PUSTAKA
Alatas, Putri.
2009. Implementasi Teknik Steganografi Dengan Metode LSB Pada Citra
Digital. Tugas Akhir. Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer &
Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, Depok.
Ariyus, Dony.
2008. Pengantar Ilmu sql, Teori, Analisis dan Implementasi. Penerbit Andi,
Yogyakarta.
Munir, Rinaldi.
2007. Visual Basic 2010. Penerbit Informatika, Bandung.
Program Studi Sistem
Komputer Universitas Gunadarma. 2011. Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah.
Universitas Gunadarma, Depok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar