Interaksi
Manusia dan Komputer
Universitas
Gunadarma
2016/2017
Nama : Andinni Nur Yasmin
Kelas : 3B08
Dosen : Ahmad Hidayat
·
Pengertian
Interaksi
Manusia – Komputer (IMK) / Human Computer Interaction (HCI) merupakan suatu
disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan
sistem.
·
Contoh
Interaksi Manusia dan Komputer pada Kehidupan Sehari – hari
1.
Penggunaan
Komputer
2.
Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)
3.
Penggunaan Laser Pada Operasi Medis
4.
Situs Website
Sumber : https://steventanu7.wordpress.com/2012/11/02/implementasi-imk-dalam-kehidupan-sehari-hari-2/
·
Jenis
Interaksi Manusia dan Komputer
Terdapat beberapa model
atau jenis interaksi manusia (user) dan komputer :
1. Command
Line Interface (Berinteraksi menggunakan satu baris perintah)
2. Menu
(Pilihan yang disediakan oleh suatu perangkat lunak)
3. .Natural
Language (bahasa alami)
4. Question/answer
and query dialogue
5. Form-fills
and spreadsheets
6. WIMP
·
Ilmu
yang terkait dengan Interaksi Manusia dan Komputer
1. Teknik
elektronika & ilmu komputer = memberikan kerangka kerja untuk dapat
merancang sistem HCI
2. Psikologi
memahami
sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik
pengguna
3. Perancangan
grafis dan tipografi
sebuah
gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai
sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
5. Ergonomik
berhubungan
dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal,
bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk,
pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
6. Antropologi
ilmu
pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja
berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai
dengan bidangnya
7. Linguistik
merupakan
cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan
sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis,
bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
8. Sosiologi
studi
tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya
PHK karena adanya otomasi kantor.
·
Prinsip yang terkait Pada Interaksi
Manusia dan Komputer
PRINSIP
|
DEFINISI
|
PRINSIP
YANG TERKAIT
|
Predictablity
|
Mendukung user untuk menentukan efek dari future action berdasarkan catatan atau
sejarah interaksi sebelumnya
|
Operation Visibility
|
Synthesizability
|
Mendukung user untuk memperkirakan efek dan operasi
sebelumnya pada keadaan saat ini
|
Immediate
|
Familiarity
|
Pengetahuan dan pengalaman user dalam domain
berbasis komputer atau dunia nyata lainnya dapat diterapkan ketika
berinteraksi dengan sistem yang baru
|
Guessability Affordance
|
Generalizability
|
Mendukung user untuk menambah pengetahuan dari
interaksi spesifik di dalam dan di luar aplikasi ke situasi yang lebih mirip
|
|
Consistency
|
Kemiripan dalam perilaku input atau output yang
muncul dari situasi atau tugas obyektif yang sama
|
·
Prinsip yang mempengaruhi flexibilty :
PRINSIP
|
DEFINISI
|
PRINSIP
YANG TERKAIT
|
Dialogue Initiative
|
Memungkinkan user terbebas dari kendala-kendala
buatan (artificial) pada dialog input yang dipaksakan oleh sistem
|
Sistem atau user primitiveness
|
Multi Treading
|
Kemampuan sistem untuk mendukung interaksi user yang
berhubungan dengan lebih dari satu task pada suatu saat
|
Concurrent versus interleaving multimodality
|
Task Migratability
|
Kemampuan untuk melewatkan/memberikan kontrol dari
eksekusi taskyang diberikan sehingga menjadi task internal user atau sistem atau berbagi antara keduanya
|
|
Substitutivity
|
Memungkinkan nilai-nilai (values) ekuivalen
antara input dan output yang masing-masing secara bebas dapat disubstitusi
|
Representasi perkalian, kesamaan kesempatan (opportunity)
|
Customizability
|
Kemampuan user interface untuk dimodifikasi oleh user
atau sistem
|
Adaptivitas, Adaptabilitas
|
·
Prinsip yang mempengaruhi robustness :
PRINSIP
|
DEFINISI
|
PRINSIP
YANG TERKAIT
|
Observability
|
Kemampuan untuk mengevaluasi keadaan sistem internal
dari representasi yang dapat dimengerti atau dirasakan
|
Browsability, static atau dinamic defaults,
reachability, persistence, operation visibility
|
Recoverability
|
Kemampuan user untuk melakukan koreksi bila sebuah
kesalahan telah dikenali
|
Reachability, forward atau backward recovery,
commensurate effort
|
Responsiveness
|
Bagaimana user mengetahui atau menyadari laju
komunikasi dengan sistem
|
Stabilitas
|
Task Conformance
|
Tingkatan dimana sistem pelayanan mendukung semua
task yang user ingin lakukan dan dengan cara yang user ketahui
|
Task completeness, task adequacy
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar